Mengenai Saya

Foto saya
Seorang guru dan pembelajar sepanjang hayat

Jumat, 25 Oktober 2024

EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.2 #10

>

Di Balik Ruang Guru: Diskusi Bersama Tentang Peserta Didik

Pendahuluan

Sahabat pendidik, pasti tidak asing dengan namanya ruang guru. Ruang guru, sebuah tempat yang tak hanya menjadi ruang istirahat, namun juga menjadi arena diskusi yang menarik. Di sini, para pendidik berbagi cerita, pengalaman, dan tentu saja, mendiskusikan siswa-siswi mereka. Lantas, apa yang biasanya menjadi topik utama dalam diskusi ini? Apakah kita lebih sering membahas kekurangan peserta didik atau justru mengagumi kelebihan mereka? Mari kita telusuri lebih dalam.

Ruang Guru: Arena Evaluasi atau Apresiasi?

Sebagai guru, saya seringkali terlibat dalam diskusi bersama rekan sejawat. Tak jarang, topik pembahasan mengarah pada peserta didik kami. Namun, yang menarik adalah, seringkali diskusi lebih banyak berfokus pada kekurangan peserta didik. Mulai dari masalah kedisiplinan, kesulitan belajar, hingga perilaku yang menyimpang.

Mengapa Kita Lebih Sering Membahas Kekurangan?

Ada beberapa alasan mengapa kita cenderung lebih banyak membahas kekurangan peserta didik:

  • Sebagai pendidik, kita memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki kekurangan peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang.
  • Adanya tuntutan untuk mencapai target akademik tertentu membuat kita lebih fokus pada area yang perlu diperbaiki.
  • Mungkin saja kita telah terbiasa dengan pola diskusi yang lebih banyak berorientasi pada masalah.

Pentingnya Membahas Kelebihan

Meskipun membahas kekurangan penting, namun kita juga perlu memberikan ruang untuk membahas kelebihan peserta didik. Dengan fokus pada kelebihan, kita dapat:

  • Meningkatkan motivasi siswa, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar dan berkembang.
  • Membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.
  • Membantu mereka mengembangkan potensi yang dimiliki.

Menyeimbangkan Pembahasan

Untuk menciptakan diskusi yang lebih seimbang, kita dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengawali diskusi dengan mencontohkan perilaku positif kepada peserta didik
  • Memberikan waktu yang sama untuk membahas kekurangan dan kelebihan.
  • Mengarahkan diskusi pada solusi yang dapat meningkatkan potensi peserta didik.
  • Mengajak peserta didik untuk memberikan masukan tentang dirinya sendiri.

Kesimpulan

Diskusi tentang peserta didik adalah hal yang wajar dan penting dalam dunia pendidikan. Namun, kita perlu memastikan bahwa diskusi tersebut tidak hanya berfokus pada kekurangan, tetapi juga pada kelebihan peserta didik. Dengan menyeimbangkan kedua hal tersebut, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung pertumbuhan peserta didik.

PGP #CGP #modul3.2 #pemimpindalampembelajaran #pemimpindalampengelolaansumberdaya #eksplorasikonsep

0 komentar:

Posting Komentar