Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam dan Bahagia bagi kita semua.
Awal
Tantangan
Sejak awal, penerapan BATIK AMPERA tidak lepas dari berbagai tantangan:
- Kesenjangan akses teknologi. Tidak semua murid memiliki perangkat atau koneksi internet yang memadai.
- Adaptasi guru dan murid. Tidak semua pihak merasa nyaman atau terbiasa menggunakan teknologi dalam pembelajaran.
- Waktu untuk eksplorasi. Mengintegrasikan teknologi dengan metode pembelajaran membutuhkan waktu untuk mencari platform yang tepat dan relevan.
Namun, tantangan-tantangan ini justru menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar dan mencoba menghadirkan solusi kreatif yang inklusif.
Aksi
Dalam program BATIK AMPERA, saya telah menerapkan berbagai pendekatan, seperti:
- Game-based learning: Menggunakan Quizizz, Wordwall, Jeopardy dan Media Pembelajaran Interaktif melalui Articulate Storyline untuk membuat pembelajaran menjadi kompetitif dan menyenangkan.
- Project-based learning: Melibatkan siswa dalam proyek kreatif menggunakan Canva untuk menghasilkan poster, infografik, atau video presentasi.
- Refleksi pembelajaran: Memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman mereka menggunakan teknologi dalam proses belajar, yang saya dokumentasikan dalam slide refleksi.
- Praktik berbagi: Saya juga telah berkesempatan membagikan pengalaman ini dalam forum praktik baik bersama rekan guru di lingkungan sekolah dan komunitas pembelajaran.
Perubahan
- Siswa lebih aktif dan kreatif. Mereka tidak hanya belajar, tetapi juga mampu menghasilkan karya yang beragam dan kreatif melalui proyek di canva.
- Antusiasme meningkat. Pembelajaran berbasis TIK membuat murid lebih bersemangat mengikuti pelajaran.
- Inspirasi bagi guru lain. Rekan-rekan guru mulai tertarik mencoba metode berbasis teknologi di kelas mereka.
Refleksi dari murid juga menunjukkan bahwa mereka merasa lebih terlibat dan percaya diri dengan kemampuan mereka menggunakan teknologi.
Saya telah menyusun slide yang mendokumentasikan perjalanan BATIK AMPERA, termasuk tampilan beberapa proyek hasil murid di kelas canva dan beberapa dokumentasi refleksi dari murid.
DOKUMENTASI BATIK AMPERA DI KELAS oleh ika87
Permohonan Umpan Balik
Silakan berbagi kritik, saran, atau masukan terkait pembelajaran berbasis TIK yang saya lakukan di kolom komentar. Umpan balik Anda akan menjadi pijakan berharga bagi pengembangan program ini ke depan.
Menginspirasi... Sedikit saran, perlu diciptakan model pembelajaran yang mendukung peserta didik untuk mengembangkan keterampilan soft skill (kolaborasi dan komunikasi) yang akan menyeimbangkan aspek kognitif dan psikomotor peserta didik.
BalasHapusTerimakasih masukan dan sarannya Mbak YM :)
HapusSangat menginspirasi.. Metode Pembelajaran ini akan saya coba terapkan di kelas saya nanti
BalasHapusTerimakasih Ayuk :)
Hapus